Sunday, December 2, 2018

BEKICOT SANTAPAN LEZAT

"piye sukben nek sakdurunge tanggal 31 Desember golek bekicot nggo lawuh malam tahun baru?" ajakan temanku waktu itu.
"ayo...wani no cah...!" sahut temanku lainnya
Yang lain pun menyahut dengan ucapan yang sama, serempak mengatakan hal yang sama ingin mencari bekicot untuk dijadikan lauk menjelang pergantian tahun. (sekitar tahun 90-an). Tentunya tidak ketinggalan denganku pula. Biasanya rumahku menjadi basecamp untuk berkumpul, membuat acara dan masak besar seperti itu. Tidak heran, biasanya yang bagian paling sibuk adalah aku, karena aku harus mulai mencari wadah untuk bekicot, menyiapkan kayu bakar, peralatan untuk masak, dsb.
Nah, Sesuai dengan kesepakatan tanggal 30 malam (sekitar jam 08.00 malam), kami (biasanya berempat kalau tidak berlima) mulai meninggalkan rumah untuk mencari bekicot. Tahu tidak kemana kami mencari?

Yang pertama kali kami tuju adalah kuburan (hiiii serem), karena justru di kuburan itulah tempat nongkrongnya (setan, upss tidak) bekicot. satu kuburan dari sudut ke sudut kami jelajahi untuk menemukan bekicot. Setelah selesai menjelajahi kuburan, kami lanjutkan di kebun, disawah atau ditempat-tempat yang biasa menjadi tempat mangkal bekicot. Kalau wadah (karung) yang kami bawa sudah penuh, kami segera pulang (biasanya sampai jam 12 malam atau bahkan lebih). Setelah terkumpul kami wadahi di tempat yang memungkinkan si bekicot tidak kabur. kami inapkan diwadah itu selama semalam, baru setelah hari siang, kami mulai menyiapkan tungku, kayu dan dandang besar,  tidak lupa kapur sirih (enjet).
Dandang kami letakkan di tungku dengan kayu yang sudah mulai terbakar, air yang ada didalamnya kami masukkan setengah dari ukuran dandang, kemudian bekicot yang ada kami masukkan kedalamnya untuk dimasak kemudian ditambahkan kapur sirih sesuai kebutuhan. Untuk memasak bekicot dengan diberi kapur sirih ini bisa sampai berjam-jam (mungkin sampai 3 jam lebih). Kapur sirih kami masukkan supaya menghilangkan lendir bekicot.

Jika sudah dirasa matang (lunak=empuk dagingnya), kami masukkan kedalam wadah dengan air mengalir untuk menghilangkan kapur dan lendir yang ada. Sambil terus diwadah itu, kami ambil satu-satu lalu kami keluarkan dagingnya dari cangkang. Mengeluarkan daging dari cangkang menjadi pekerjaan yang melelahkan....tapi seneng sekali, karena dikerjakan bersama temen-temen, apalagi kalau temen-temen cewek juga membantu....hehehehehe........

Untuk resep membuat masakan Bekicot, aku serahkan kepada ibuku (dia jagonya masak), Jika bumbu sudah siap, tinggal masukkan daging bekicot yang sudah bersih, diolah sampai sedap dan siap dihidangkan menjadi teman menanti malam pergantian tahun...

Makanya sampai sekarang kuliner menjadi santapan yang selalu kurindukan bekicot santapan lezat memang. Tahu tidak, bekicot yang dikira banyak orang menjijikkan adalah makanan kesukaan orang Perancis yang biasanya disebut escargot.Escargot dijadikan menu mewah dan mahal harganya di Prancis. Eskargot/bekicot yang dikonsumsi orang Prancis adalah bekicot jenis achatina fulica.Harga bekicot di Prancis berkisar Rp51.500 per 6 bekicot yang telah direbus, bekicot yang telah diolah harganya akan lebih mahal lagi.
Jumlah escargot yang dikonsumsi orang Prancis setiap tahunnya dalah 25 ribu ton bekicot atau sekitar 700 juta bekicot.
Kalau disini, kayaknya makanan ini masih dijauhi padahal lezat dan bergizi. ah...jadi kangen Bekicot santapan lezat berkhasiat. Bener lho berkhasiat kok baca dibawah ini

Ada beberapa peneliti yang menyebutkan bahwa pada 100gr daging bekicot, mengandung 12gr protein hewani, dan ternyata hanya mengandung 1% kadar lemak. Sehingga cocok sebagai alternative dari daging merah yang biasa anda konsumsi. 
Kandungan protein hewani dan kandungan asam amino yang cukup tinggi pada daging bekicot. bagi anda yang seorang fitness mania, zat ini penting untuk menambah massa ototo dan bisa membantu perkembangan otot aga menjadi lebih baik.
Menurut testimoni dari masyarakat luas (diluar penelitian ilmiah) mengatakan bahwa daging bekicot dapat membantu proses dalam menyembuhkan penyakit asma. Caranya dikonsumsi  rutin pada penderita asma, maka lama kelamaan, gejala asma dari si penderita akan menghilang, dan akhirnya si penderita asma tersebut sembuh.
Tidak hanya itu ternyata daging bekicot juga dapat membantu anda yang terserang penyakit TBC. Secara logika, apabila bekicot bisa menyembuhkan asma, maka ada benarnya daging bekicot juga dapat membantu penyembuhan penyakit TBC, yang notabene juga menyerang bagian pernapasan.

Semoga ada yang mau makan kayak aku.....karena Bekicot santapan lezat

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

SINOPSIS FILM RISEN

"Risen" adalah sebuah film yang mengisahkan tentang peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari sudut pandang seorang tentara Romawi ...