Monday, December 3, 2018

KHASIAT DAGING TOKEK


Othok…othok...othok....tekek….othok..othok..othok...tekek….


Pasti semua tahu, tulisan diatas itu...itu bunyi-bunyian yang biasanya kita lakukan ketika si tokek mulai bersuara. Tahu tidak, saya itu paling sebel kalau tokek sudah mulai bersuara. Karena selain suaranya keras dan tidak merdu didengar, biasanya si tokek bersuara tidak ngerti waktu (kalau ngerti waktu….malah menakutkan ya..). Apalagi jika sedang dirumah sendiri, malam hari, mau tidur…eh si tokek mulai bersuara.
Tapi sekalipun suara si Tokek menyebalkan dan wujudnya menjijikkan, jangan salah…dia salah satu binatang melata yang mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan kulit. Kenapa seyakin itu saya mengatakan kepada anda? Karena tokek sebangsa Reptil yang masuk golongan cicak besar, suku Gekkonidae ini pernah dikonsumsi oleh 2 adik saya yang sewaktu kecil mengalami jari kaki dan tangan yang seringkali bernanah dan gatal. Setiap kali kumat “gudiken” (penyebutan Bhs Jawa untuk nanah yg keluar dr kulit) selalu obatnya makan daging tokek. Berpuluh tahun kemudian ketika perempuan pendamping hidupku mengalami alergi kulit, aku pun mencarikan tokek (kalau dulu tinggal mencari dirumah dan dirumah orang, sekarang tinggal beli dipasar hewan). Pasar Depok Surakarta tempat orang menjual tokek juga, waktu itu untuk ukuran sebesar genggaman tangan orang dewasa   harganya 25rb/ekor. Beli sampai 3 kali (2 ekor/beli) bawa pulang sudah bersih dan tinggal goring, akhirnya sembuh.
Lagi-lagi untuk mengobati rasa penasaran terhadap khasiat daging tokek, aku ke mbah google, barangkali ada jawaban yang valid (hasil penelitian dan medis). Belum ada data yang valid mengenai komposisi vitamin, mineral dan gizi yang ada dalam daging tokek. Namun binatang reptil ini sudah banyak dipakai dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) dalam pengobatan kanker dan tumor. Sedangkan dalam banyak opini medis, disebutkan bahwa tokek juga ampuh dalam terapi penunjang pengobatan HIV/AIDS. 
Nama ilmiah Gecko gecko ini diberikan Linnaeus (1758) atau yang dalam Bahasa Inggris sering disebut Tokay GeckoSecara umum, panjang Gecko gecko sekitar 35 cm yang hampir setengah dari panjangnya itu adalah ekor. Kepalanya besar, jari kaki depan dan belakangnya dilengkapi bantalan penghisap yang berada di sisi bawah jari. Fungsinya sebagai perekat saat berjalan di segala permukaan terlebih yang licin.


Tokek termasuk hewan nokturnal, karena biasanya keluar dimalam hari. Makanan tokek biasanya serangga yang keluar dimalam hari. 
Dibawah ini hasilnya khasiat daging Tokek :

Melawan Sel Tumor
Prof. Wang dari Universitas Henan-China, pernah melakukan penelitian mengenai manfaat daging Tokek untuk melawan sel Tumor. Pada penelitian itu digunakan seekor tikus sebagai bahan eksperimen. Awalnya, sel tumor manusia ditransplantasikan dalam tubuh tikus. Selanjutnya, tikus disuntik dengan serum tokek. Hasilnya, serum tersebut dapat memperkuat energy tubuh, meningkatkan respon system imun, dan juga menginduksi sel tumor apaptosis (membuat sel tumor membunuh dirinya sendiri).

Melawan Kanker
Kalau ini perlu dikonsumsi setiap hari secara rutin, karena daging hewan nocturnal ini dapat menghambat protein VEGF dan bFGF, yakni factor berkembangnya kanker.

Menambah Stamina
Tokek mempunyai kandungan protein yang tinggi dan mampu mengisi energi tubuh.

Meningkatkan Vitalitas Pria
Manfaat yang satu ini baru soal kepercayaan, karena banyak orang percaya bahwa daging tokek dapat meningkatkan vitalitas pria. Bagian tokek yang dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas adalah daging pada bagian pangkal ekor.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Protein yang terkandung didalam daging tokek cukup tinggi. Protein inilah yang kemudian mempercepat penyembuhan luka dan juga meregenerasi kembali otot-otot yang rusak akibat sayatan. Karena alasan inilah, banyak yang percaya jika tokek atau tekek dapat mempercepat proses pemuihan pasca operasi.

Mengobati AID atau HIV
Khasiat tokek untuk mengobati HIV atau AIDS memang belum bisa dibuktikan secara medis. Namun, banyak yang percaya dan sudah membuktikan jika tokek yang memiliki berat lebih dari 1 kg dapat mengobati penyakit menular seksual ini.
Saat ini, WHO juga sedang mengkaji ulang manfaat tokek untuk menyembuhkan HIV. 

Mengobati Penyakit Kulit
Seperti pengalaman yang saya sampaikan diatas, dengan mengkonsumsi tokek secara rutin, akan menyembuhkan penyakit kulit yang diderita. 

Itulah beberapa khasiat yang diperoleh dengan mengkonsumsi daging tokek.

No comments:

Post a Comment

SINOPSIS FILM RISEN

"Risen" adalah sebuah film yang mengisahkan tentang peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari sudut pandang seorang tentara Romawi ...