Tuesday, December 4, 2018

SEDAPNYA SAYUR BECEK

Di warung makan, sebelah timur polsek Grobogan, aku memarkirkan motor untuk berhenti sejenak. Niatnya hanya ingin beli minum, karena kebetulan di dekat warung makan itu juga ada toko kelontong. Tapi setelah melihat warung makan itu lagi, jadi ingat kalau warung makan itu adalah warung yang dulu selalu menjadi tempat jujukan ketika aku diminta beli sayur becek oleh ibu. 
Aku melihat jam tangan, kebetulan sekali waktu menunjukkan pukul 11.35, aku urungkan niat beli minuman kemasan; "Kenapa tidak sekalian makan dan minum disitu, sekalian kalau masih jualan sayur becek aku bisa meleaspakan rindu terhadap sayu becek itu" pikirku. Aku memarkirkan motor lebih ketepi, lalu bergegas masuk ke warung makan.

"Kulanuwun, badhe maem, punapa wonten sayur becek budhe...?" (permisi, saya mau makan, apakah ada sayur becek budhe?)
"Wonten mas...lenggah rumiyin"kata penjual warung yang sudah berumur cukup tua.(Ada mas, duduk dulu, kata penjual warung yang sudah berumur cukup tua)
"nggih budhe" (iya budhe) sahutku
Beberapa saat sembari, menyodorkan mangkuk berisi sayur becek dan sepiring nasi putih, budhe penjual warung berkata: "monggo mas......lho...lho iki kan mas....(namaku disebut), nganti pangling budhe...lha saiki lemu..badhe tindak endi iki?"
"Inggih budhe punika kula...badhe nuweni simbah teng pondok...kalawau ngelak lajeng sisan maem teng mriki amargi kangen kaliyan sayur becek.."
Sembari makan dan setelah pemilik warung menyodorkan minuman, kami mengobrol sampai aku selesai makan sayur becek. Sedapnya sayur becek yang sudah lama tidak aku makan.
Rasa kangen untuk menyantap sayur becek telah terobati. Bener-bener kuliner yang tidak pernah akan tergantikan dilidah.
Sayur becek ini memang sayur khas penduduk kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Sayur Becek yang dulunya hanya dihidangkan pada saat ada jamuan pesta orang desa, seperti perkawinan maupun juga khitanan khusus di daerah pedesaan, sekarang sudah banyak dijual di rumah makan yang terdapat di Grobogan .

Sayur Becek didominasi tulang iga sapi dengan kuah yang melimpah dan berwarna keruh, karena biasanya kuah itu didapatkan dari proses memasak daging dan iga sapi atau yang disebut kuah kaldu daging. Kuah itu kemudian dicampur dengan bumbu lain seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar (yang ditumbuk menjadi satu) setelah itu, tumbukan tersebut dimasukkan dalam rebusan tulang iga. buat menyempurnakan aroma, rebusan tulang serta bumbu tersebut dicampur dengan daun kedondong serta daun dayakan. Dalam penyajiannya, sayur becek ini disajikan bersama sepiring nasi, kering tempe serta kacang tolo sebagai lalapan. 
Sekarang sekalipun aku sudah tidak lagi hidup di Grobogan, tetapi kalau berkunjung ke tempat saudara dan tanah kelahiran, pasti ku sempatkan untuk melepas rindu lidah terhadap sayur becek. Sayur Becek yang lezat dan sedapnya tak terlupakan, sedapnya sayur becek khas kota Grobogan.


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

SINOPSIS FILM RISEN

"Risen" adalah sebuah film yang mengisahkan tentang peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari sudut pandang seorang tentara Romawi ...