Tuesday, December 4, 2018

KHASIAT UNDUR-UNDUR

Undur-undur termasuk binatang serangga berukuran kecil, berjalan mundur dan sarangnya dipasir yang mirip lubang kecil. Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir

Nama "undur-undur" diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Di daerah Barat, hewan ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai "singanya para semut".

Undur-undur memiliki ukuran yang bervariasi. Jenis undur-undur terbesar di dunia diketahui berasal dari genus Palpares yang hidup di Afrika dan rentang sayapnya mencapai 16 cm. Spesies yang terkecil berasal dari wilayah Arabia dan rentang sayapnya hanya sekitar 2 cm. Mayoritas undur-undur sendiri umumnya berukuran antara 4–10 cm
Larva undur-undur terkenal sebagai pemangsa yang ganas karena ia memakan hampir segala jenis Arthropoda kecil, terutama semut. Ia berburu secara pasif dengan cara membuat sarang jebakan berbentuk corong, lalu bersembunyi di tengahnya sambil menunggu ada mangsa yang terperosok masuk. Bila ada mangsa terjebak masuk ke dalam perangkapnya namun masih bisa bergerak naik, larva undur-undur akan melempari mangsanya dengan butiran pasir agar tergelincir. Larva undur-undur mengetahui kehadiran korbannya dengan cara merasakan getaran dari gerakan korbannya. Larva undur-undur juga memiliki sepasang rahang tajam dan di ujungnya terdapat lubang untuk menyuntikkan racun ke dalam tubuh mangsanya untuk membunuhnya, lalu mulai menghisap cairan tubuhnya.

Ternyata sekalipun badannya terbilang sangat kecil, namun undur-undur dipercayai mempunyai manfaat untuk kesehatan, khususnya yang sudah terkenal yaitu menyembukan penyakit Diabetes Militus. Cina adalah sebuah negara terkenal dengan berbagai pengobatan herbalnya. Mereka telah memakai ubur-ubur untuk menyembukan penyakit Diabetes Militus. Seperti yang kita tahu bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan  karena insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak mencukupi untuk menyeimbangkan kadar gula yang masuk dalam tubuh. Akibatnya akan terjadi kelebihan kadar dula didalam tubuh, kelebihan darah pada tubuh tersebut dapat masuk ke dalam darah.

Selain itu undur-undur juga dipercaya mampu menurunkan darah tinggi, kebanyakan masyarakat Cina menggunakan serangga yang satu ini untuk obat herbal. Mengkonsumsinya dengan cara memasukkan undur-undur hidup kedalam kapsul dan ditelan mentah-mentah.
Selain mengobati penyakit diabetes dan darah tinggi, Menurut terminologi orang awam mengatakan, undur-undur ini dipergunakan sebagai obat yang terbukti mujarab, diantaranya adalah:

  • Obat Stroke
  • Obat Rematik
  • Obat Asma dan Rasa Penat di Badan
  • Obat Sakit Kuning
  • Obat Pegal Linu
  • Penangkal Kanker
  • Mengatasi Varikokel
  • Mengobati Penyakit Malaria
  • Penangkal Tumor
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh



No comments:

Post a Comment

SINOPSIS FILM RISEN

"Risen" adalah sebuah film yang mengisahkan tentang peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari sudut pandang seorang tentara Romawi ...